Alkitab Hari Ini

Sabtu, 27 November 2010

TITIK HITAM - 1 Raja-raja 19:9-18


1 Raja-raja 19:18 Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia."

Disebuah kelas sekolah dasar, seorang guru wanita memperlihatkan secarik kertas bergambar satu titik kecil berwarna hitam kepada para murid. "Ini apa, anak-anak?" tanyanya. "Titik bu guru...!!!" jawab semua murid dengan serempak. "Bukan, Ini kertas...!!!" kata guru lagi. Ilustrasi kecil ini menunjukkan, bahwa orang bisa lebih terfokuskan perhatiannya pada satu titik hitam, walaupun hanya kecil di banding lembaran besar kertas putih dimana titik hitam itu tergambar.

Hal itu juga terjadi kepada Nabi Elia ketika ia melarikan diri dari Izebel, istri Raja Ahab, yang mengancam hendak membunuhnya. Di Gunung Horeb, Elia begitu frustasi, ia merasa hidupnya seolah-olah begitu suram dan kelam. Samapai-sampai ia ingin mati sekalian (ay 4). "Hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku," keluhnya (ay 10). Padahal benarkah Elia tinggal sendirian...? Ternyata TIDAK. Masih ada 7.000 orang lain yang tidak ikut sujud menyembah Baal (ay 18).

Di tengah berbagai kesulitan, ketika badai hidup menerjang, apakah kita merasa hidup ini seolah-olah gelap sama sekali...? Kita lalu merasa sebagai orang yang paling malang di dunia ini. Baiklah kita sejenak berdiam diri. Kita fokuskan pikiran kita kepada hal-hal yang indah dalam hidup ini, mungkin kicau burung yang merdu, atau tawa riang anak-anak di sekitar kita, atau juga para sahabat yang selalu mendukung kita. Percayalah, kita akan menemukan kenyataan bahwa hidup kita tidaklah sekelam yang kita duga. "Ruang putih" dalam kertas hidup kita masih jauh lebih luas di banding satu titik hitam beban yang ada di situ.

DIBALIK MENDUNG HITAM ADA LANGIT BIRU YANG INDAH DAN LUAS

Pdm David Oktavianus Subagio

TUHAN MEMBERKATI
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz