Alkitab Hari Ini

Minggu, 16 Januari 2011

BELAJAR DARI ANAK BERUANG


Amsal 3:21 Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu.

Seekor beruang yg bertubuh besar sedang menunggu seharian dengan sabar di tepi sungai deras.
Waktu itu memang tidak sedang musim ikan.

Sejak pagi ia berdiri di sana mencoba meraih ikan yg meloncat keluar air.
Namun, tak satu juga ikan yang berhasil ia tangkap.

Setelah berkali-kali mencoba,
akhirnya... hup...
ia dapat menangkap seekor ikan kecil

Ikan yg tertangkap menjerit-jerit ketakutan.
Si ikan kecil itu meratap pada sang beruang,
"Wahai beruang, tolong lepaskan aku."

"Mengapa ?" tanya beruang

"Tidakkah kau lihat, aku ini terlalu kecil, bahkan bisa lolos lewat celah-celah gigimu," rintih sang ikan

"Lalu kenapa?"

"Begini saja, tolong kembalikan aku ke sungai.
Setelah beberapa bulan aku akan tumbuh menjadi ikan yg besar.
Di saat itu kau bisa menangkapku & memakanku untuk memenuhi seleramu,"

"Wahai ikan, kau tau mengapa aku bisa tumbuh begitu besar?"

"Mengapa?" ikan balas bertanya sambil menggeleng-geleng kepalanya

"Karna aku tak pernah menyerah walau sekecil apa pun keberuntungan yg tlah tergenggam di tangan!" jawab beruang

"Ops!" teriak sang ikan, nyaris tersedak

Pesan Moral,
Dalam hidup, anda diberi banyak pilihan & kesempatan.

Namun jika anda tidak mau membuka hati & mata anda untuk melihat & menerima kesempatan yg TUHAN berikan,
maka kesempatan itu akan hilang begitu saja.

Hal ini hanya akan menciptakan penyesalan yg tiada guna di kemudian hari,
saat anda harus berucap:
"Ohhh....Andai aku tdk menyia-nyiakan kesempatan itu dulu?"

Maka bijaksanalah pada hidup,
hargai setiap detil kesempatan dalam hidupmu.

Di saat sulit, slalu ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan;
Di saat sedih, slalu ada kesempatan untuk meraih kembali kebahagiaan;
Di saat jatuh slalu ada kesempatan untuk bangkit kembali;
Dan dalam kesempatan untuk meraih kembali yg terbaik untuk hidup anda.

TUHAN Memberkatimu...
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz