Alkitab Hari Ini

Kamis, 15 Oktober 2009

Prinsip doa yan benar 1

BERDOA DENGAN UCAPAN SYUKUR....
Filipi 4:6 ; Kolose 4:2 ; 1 Tes 5:17-18

Dari 13 surat yg di tulis Paulus di dlm PB, ada 11 yg mengajarkan ttg doa dan bagaimana ia berdoa utk jemaat. Salah satu aspek penting yg selalu ada dlm doa-doa Paulus adalah ucapan syukur kepada Tuhan. Ucapan syukur ini juga menjadi kebiasaan yg umum di kalangan jemaat mula-mula. Mangapa Paulus dan jemaat sedemikian bersyukur pada Tuhan??? Jika dilihat dari segi kemudahan dan kenyamanan hidup, saat itu Paulus jauh lebih menderita daripada kita sekarang ini. Bahkan beberapa surat yg di tulis ketika ia sedang berada di dlm penjara. Paulus manghadapi tekanan yg hebat, pergumulan dan penderitaan. Tetapi ia mengajaarkan prinsip doa yg lain, yaitu doa yg di sertai dengan ucapan syukur. Dia meminta supaya orang percaya berdoa dan memohon dengan ucapan syukur (Filipi 4:6); Berjaga-jaga di dlm doa sambil mengucap syukur (Kol 4:2); Tetap berdoa dan mengucap syukur dlm segala hal (1Tes 5:17-18). Paulus slalu bersyukur krn dia sdh terbiasa mengaitkan segala sesuatu dengan Tuhan. Berdoa dengan ucapan syukur bkn berarti tdk realistis terhadap kesulitan hidup, tetapi belajar melihat banyak hal yg sdh Tuhan lakukan bagi kita dan tetap percaya bahwa Tuhan bekarja dibalik kesulitan hidup utk mendatangkan kebaikan bagi anak-anakNya.

Sebagian org berdoa dengan membawa keputusasaan, rasa mengasihi diri sendiri dan kemarahan pada Tuhan atas pristiwa yg mereka alami. INGATLAH, Tuhan lebih berkenan ketika kita datang kepadaNya dengan hati yg tabah dan bersyukur, dari pada datang dengan keluh kesah dan sungut-sungut. Chysostom Uskup Konstantinopel yg di buang, di kutuk dan di rendahkan hingga akhirnya meninggal pada tahun 407 M, Mempunyai moto yg terkenal, "KEMULIAAN BAGI TUHAN DLM SEGALA HAL" Dia telah belajar utk bersyukur dan senantiasa mempermuliakan Tuhan dlm segala sesuatu yg terjadi atas hidupnya.

Bagaimana dengan kita, masih ingat apa saja isi doa yg kita naikkan setiap kali berdoa??? BERSYUKURKAH kita utk segala sesuatu yg Tuhan telah lakukan bagi kita??? Bukankah sering kali lebih banyak porsi permohonan daripada porsi ucapan syukur??? Kita meminta kesehatan, perlindungan, Usaha yg di berkati, rumah, mobil, kenaikan jabatan, keturunan, pasangan hidup, dan masih banyak lagi daftar permintaan kita. Tidak salah meminta, tetapi kita juga perlu bersyukur. Berdoa dengan ucapan syukur merupakan ekspresi keyakinan kita pada kasih Tuhan bahwa sekali pun banyak kejadian yg seolah merugikan kita, tetapi kita tetap percaya bahwa Ia tetaplah Tuhan yg baik dan tdk berubah. Doa dengan ucapan syukur merupakan bentuk doa yg dinaikkan dengan iman, bahwa Tuhan sanggup mengubah KESUSAHAN menjadi KEBAHAGIAAN. Buanglah kemarahan, kekecewaan, dan keluh kesah, datanglah padaNya dengan bersyukur maka Ia akan menjawab doa-doamu!!!

GBU
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz