Alkitab Hari Ini

Jumat, 23 Oktober 2009

PEMAHAMAN TTG PUASA

* Pengertian Puasa. *

Kata Puasa di dlm Perjanjian Lama berasal dari bahasa Ibrani isom, yang mengacu pada tindakan menyangkal diri. Demikian halnya dengan kata Puasa di dlm Perjanjian Baru (Yunani=nesteia) juga berarti penyangkalan diri. Dengan demikian puasa dapat diartikan sebagai suatu tindakan penyangkalan diri.

Kamus besar Bahasa Indonesia mendefinisikan Puasa sebagai tindakan tidak makan dan tidak minum dengan sengaja (berlaian dengan agama. sedangkan Puasa dlm Alkitab merupakan tindakan pengakuan dosa dihadapan Allah (1Sam.7:5), Prtobaan yang sesunggunya (Yoel.1:14), merendahkan diri (Mzm.69:11), Ibadah (Kis.13:2-3)

Jadi, berpuasa merupakan tindakan penyangkalan diri yanbg diwujudkan dengan tindakan tidak makan dantidak minum dengan sengaja sebagai tindakanpengakuan dosa di hadapan Allah...


* Pelaksanaan Puasa di dlm Perjanjian Lama.*

- Puasa dlm Perjanjian Lama merupakan ekspresi alamiah kesedihan seseorang. Contoh: Daud berpuasa utk menunjukan duka citanya akibat kematian Abner (2 Sam.3:35)

- Selain itu berpuasa adalah sarana utk merendahkan jiwa atau tubuh seseorang (Yes.58:3,5)

- Puasa juga sarana utk menjauhkan kemarahan Allah agar tdk membinasakan. Contoh: Ketika anaknya sakit Daud berpuasa dengan harapan anaknya dapat sembuh.


* Pelaksanaan Puasa di dlm Perjanjian Baru *

-Puasa dlm Perjanjian Baru merupakan disiplin yang dilaksanakan secara luas terutama dikalangan org Farisi dan murid-murid Yohanes pembaptis.

- Sebelum memulai-Nya, Yesus berpuasa selama 40 hari (Mat.4:1,2)

- Yesus menekankan bahwa puasa yang dilakukan murid-murid-Nya harus berbeda dengan puasa orang Farisi, dimana mereka harus berpuasa kepada Allah bukan hanya memberikan kesan rohani (Mat.6:16-18)

- Puasa dlm gereja Perjanjian Baru di praktikan terutama ketika akan menabiskan tua-tua atau orang-orang utk pelayanan khusus. (Kis.13:1-3)

- Puasa di praktikkan secara teratur oleh Paulus dan pemimpin-pemimpin Kristen lainnya (1 Kor.7:5, 2 Kor.6:5)


* Tujuhan Puasa *

1. Mencari Allah dan memohon keselamatan jiwa dan harta (Ezr.8:21-23)
2. Mengantisipasi kemrosotan (Mat.9:14-15)
3. Mengatasi ketakutan (2 Taw.20:3)
4. Menghadapi kesusahan (1 sam.20:34)
5. Bagi Bangsa (Neh.1:4)
6. Bagi Pribadi yang berjuang bagi bangsa (Est.4:15-17)
7. Bagi yang sakit maupun kena tula (Mzm.35:12-13; 2 Sam.12:16)
8. Melucuti dan menghancurkan pekerjaan iblis (Mat.17:21 ; Mark.9:29)


*Sikap kita dalam Berpuasa *

Sebagai mana yang di tulis dlm Yes.58:5-7 , 9-10, maka di dlm melaksanakan Puasa kita harus bersikap :

1. Merendahkan diri.
2. Membuka belenggu-belanggu kelaliman.
3. Mewmerdekakan org-org yang teraniaya.
4. Mematahkan setiap kuk.
5. Melepaskan tali-tali kuk.
6. Memecahkan roti bagi yang lapar (memberi makan).
7. Memperhatikan si miskin.
8. Membagikan pakaian bagi yang telanjang.
9. memperhatikan sesama saudara.
10. Tidak memfitnah.
11. Memuaskan hari yang tertindas.


* Berkat yang dijanjikan berkaitan dengan berpuasa *

1. Kehadiran Tuhan akan menjadi semakin nyata (1.Sam.7:2-12)
2. Persekutuan pibadi dengan Tuhan akan menjadi semakin kuat (1.Kor.7:5)
3. Tuhan menyatakan firman-Nya secara rinci (Kel.34:27-28)
4. Memberikan kesempatan Tuhan utk menyatakan kuasa-Nya (Neh 14, 2:8, Ezr.8:21-23, Est.4)
5. Memberikan kepekaan rohani sehingga kita dapat mengetahui dan mengenal kehendak dan rencana Allah (Neh.2:8, 11, 18,20)
6. Menghasilkan kemenangan dlm peperangan rohani (Mat.4:1-11, Luk.4:1-13)
7. Doa yang dijawab, pengertian dan pemulihan (Yes.58:9-12)
8. Sukacita, kegembiraan, dan kederiaan (Zak.8:19)
9. Dihargai oleh Bapa (Mat.6:17)
10. Kuasa rohani atas iblis (Mat.17:21 ; Mark.9:29)


* Jenis-jenis puasa dlm Alkitab *

1. Puasa para murid - tujuhan: Membuka belenggu2 kelaliman (Yes.58:6) - Memerdekankan diri sendiri dan org lain dari ketagihan dosa - ayat kunci Mat.17:21 - latar belakang > Yesus mengusir setan dlm diri anak muda yg telah gagal ditolong murid2-Nya. Sebenernya murid2-Nya juga bisa mengusir nya jika mereka bersedia menjalani disiplin puasa.

2. Puasa Ezra - tujuhan: Melepaskan beban-=beban berat (Yes.58:6) memecahkan masalah, mengundang pertolongan Roh Kudus utk mengangkat beban dan mengalahkan rintangan yang menghalangi. - ayat kunci Ezra.8:23 - latar belakang > banyak musuh yang menentang keberadaan bangsa Israel, beban rasa malu ezra utk meminta bantuan raja persia, menyababkan Ezra berpuasa dan berdoa.

3. Puasa Samuel - tujuhan: Utk memerdekakan org tertindas (Yes.58:6) kebangunan rohani dan memenangkan jiwa. ayat kunci 1.Sam.7:6 - latar belakan > Samuel memimpin umat Allah dalam sebuah Puasa supaya bangsa Israel dolepaskan dari dosa yang mengakibatkan Tabut Tuhan dikuasai bangsa filistin.

4. Puasa Elia - tujuhan: utk mematahkan setiap kuk (Yes.58:6) mengalahkan masalah mental dan emosional yang mengendalikan hidup kita dan mengembalikan kendali tersebut nkepada Allah - ayat kunci 1.Raja.19:3,8 - latar belakang > Alkitab memang tdk menyebutkan kejadian ini sebagai 'puasa' formal, tetapi Elia sengaja pergi tanpa makan ketika lari dari ancaman Ratu Izebel.

5. Puasa Janda - Membagikan roti bagi yang lapar (Yes.58:7) memenuhi kebutuhan pokok org lain - ayat kunci 1.Raja.17:16 - latar belakang > Seorang janda miskin dan kelaparan dapat menyediakan makanan utk Elia.

6. Puasa Rasul Paulus - Memungkinkan terang Allah 'mereka seperti fajat' (Yes.58:8) membawa wawasan yang lebih jalas ketika membuat keputusan-keputusan yang sangat penting - ayat kunci Kisah rasul.9:9 - latar belakang > Pada awal pertobatannya Paulus dibutakan oleh caya kristus dan setelah menjalani 3 hari berdoa dan tanpa makan, ia dikunjungi oleh Ananias dan penglihatan dan visi utk masa depan di pulihkan.

7. Puasa Daniel - Kesehatanmu akan mucul dengan segera (Yes.58:8) kehidupan yang lebih sehat atau utk kedembuhan - ayat kunci Daniel.1:8 - latar belakang > Daniel dan ketiga temannya sebagai tawanan di Babel menjauhkan mereka dari makanan2 org kafir.

8. Puasa Yohanes Pembaptis - Kebenaran akan berjalan di depanmu (Yes.58:8) kesaksian dan pengaruh kita ttg Yesus akan di tingkatkan dihadapan org lain. - ayat kunci Lukas.1:15 - latar belakang > Yohanes Pembaptis adalah pembuka jalan bagi Yesus dan sebagai nazir ia mengindari anggur dan minuman keras.

9. Puasa Ester - Kemuliaan Tuhan akan melindingi kita dari yang jahat (Yes.58:8) - ayat kunci Ester.4:16 ; 5:2 - latar belakang > Ratu Ester (seorang Yahudi) mempertaruhkan hidupnya utk menyelamatkan bangsanya. Oleh karena itu, ia menhinbau orang-orang Yahudi utk berpuasa memohon perlindungan Allah.


* Penutup *

Uraian diatas telah memberikan kita suatu pandangan yang benar tentang "puasa". Oleh karena itu kita yang mengerti dan memahami kebenaran seyogyanya kita melakukan karena apabila kita mengerti dan tdk melakukannya, kita disebut org berdosa (Yak.4:17)

Tuhan memberkati kita semua.
AMIN
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz