Alkitab Hari Ini

Selasa, 24 November 2009

PENGHARGAAN TERHADAP SESAMA

1 Korintus.12:23 Kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhomat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang kurang elok, kita berikan perhatian khusus.

Pertikaian anak-anak negeri beberapa tahun silam menjadi cermin kegagalan dalam hidup kebersamaan anak-anak bangsa. Sejarah membuktikan bahwa bangsa ini telah mengukir prestasi kegagalan, dan itu terbukti dengan tampilnya seri-seri pertikaian lanjutan.

Paulus menggaris-bawahi kaidah-kaidah natural tentang ketidak-mungkinan bagi kepala utk berkata kepada kaki: “aku tdk membutuhkan engkau”. Dan hal yang sama juga tdk seharusnya di ungkapkan oleh mata kepada tangan. Pengingkaran terhadap sesama anggota dalam komunitas berarti sama dengan pelanggaran terhadap kaidah-kaidah natural yang telah Tuhan tetapkan.

Kita harus memahami dan menghargai penempatan Tuhan atas setiap anggota dlm komunitas masing-masing. Kemampuan diri kita adalah karunia Tuhan yang perlu diterjemahkan dalam interaksi antara anggota dalam komunitas. Dengan demikian, masing-masing komponen akan memainkan peran-perannya, dan di mulai dari posisi yang Tuhan tunjukan, dan berarah kepada sesamanya. Kita harus belajar memahami posisi dan fungsi kita, berdiri secara arif dalam memangdang posisi diri, dalam menatap posisi sesama.

Apapun dominasi gereja kita ttp kita adalah anggota tubuh Kristus yang saling melengkapi...

GBU
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz