Alkitab Hari Ini

Kamis, 15 Oktober 2009

Prinsip dao yan benar 6

David Oktavianus 01 Oktober jam 10:53
"BERDOA SESUAI KEHENDAK-NYA"
Matius 6:10 ; 1Yohanes 5:13-14

Didalam doa Bapa Kami terdapat kata2 yg cukup terkenal, yaitu "jadilah kenendak-Mu". Dua kata ini merupakan salah satu prinsip doa yang di ajarkan oleh Yesus kepada para pengikut-Nya. Di taman Getsemani Yesus memohon kepada Bapa agar melalukan cawan penderitaan yg akan di hadapi, tetapi Yesus mengakhiri permohonanNya dengan berkata "Tetapi janganlah jadi seperti yg Kukehendaki." Kata2 ini di ucapkan oleh Yesus pastilah dengan kesadaran yg penuh bahwa kehendak Bapa adalah yang terbaik utk-Nya.

Salah satu kunci yg membuat doa kita di kabulkan oleh Tuhan, yaitu jika permohonan itu sesuai dengan kehendak-Nya. Kita boleh beriman bahwa Tuhan pasti mengabulkan doa kita, tetapi bagaimana pun besarnya iman yg kita miliki, jika apa yg kita minta tdk sesuai dengan kehendak-Nya, maka Ia tdk akan mengabulkannya. Benar apa yg di katakan oleh Spiros Zodhiathes, "Tuhan tdk selalu melakukan apa yg sanggup Ia lakukan, melainkan apa yg Ia kehendaki utk Ia lakukan".

Secara umum kita tehu bahwa kehendak Tuhan adalah sesuatu yang mendatangkan kemuliaan bagi namaNya dan kebaikan bagi manusia. Terkadang kita tdk tau apa yg kita doakan itu benar2 akan mendatangkan hormat bagi namaNya dan kebaikan bagi kita. Tetapi karena kita mempercayai Tuhan sebagai Bapa yang mengetahui apa yang baik bagi anak2Nya, maka kita perlu berserah pada kehendakNya. Karena keterbatasan kita utk mengerti secara persis apa yang menjadi kehendak Tuhan dan bagaimana harus berdoa, kita perlu membuka hati pada tuntunan Roh Kudus. Roma 8:26 berkata "Demikian juga Roh membantu kita dlm kelemahan kita; sebab kita tdk tahu, bagaimana seharusnya berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa utk kita kepada Allah dengan keluhan2 yg tak terucapkan." Ketika beban terasa demikian berat sehingga kita tdk bisa lagi berfikir dan berkata2, saat itulah Roh Kudus akan berdoa utk kita dan membantu kita dengan keluhan2 yang tidak terucapkan. Roh Kudus juga mengajar kita utk memiliki penyerahan diri kepada kehendak Bapa.

Semakin kita membuka diri kepada tuntunan Roh Kudus, semakin kita mengerti apa yang menjadi kehendakNya dan semakin kita tau bagaimana harus berdoa. Roh Kudus menyempurnakan doa2 kita yang di naikan sehingga Bapa dengan kasih dan hikmatNya akan menanggapinya. Roma 8:27 berbunyi "Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa utk orang-orang Kudus." Biarkan Roh Kudus memuntun kita, kerena jika kita terlatih mendengarkan bisikanNya, maka kita tdk akan menyerukan doa sia2 yang berasal dari dorongan keinginan daging kita. Ketika kita berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan, maka Ia akan mengabulkan permohonan kita.

GBU
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz