Alkitab Hari Ini

Kamis, 15 Oktober 2009

Prinsip dao yan benar 7

David Oktavianus 30 September jam 10:48
BERDOA DENGAN IMAN
Matius 21:22 ; Lukas 17:6 ; Roma 10:17

Ada seorang hamba Tuhan yg pernah berkata "Orang Kristen sering kali gagal di dlm berdoa" . Mereka bukan gagal utk berdoa, tapi gagal di dlm berdoa !!! Memang tdk jarang terjadi dimana kita sdh berdoa bahkan kita tdk lalai berdoa pada jam2 berdoa yg sdh kita tentukan, tetapi pernahkah kita merasa bahwa doa kita seolah-olah "kandas" di tengah jalan dan tdk mendapat jawaban ???? Padahal Tuhan berjanji akan mendengar dan memberikan apa yg kita minta. Untuk itu kita perlu melihat kembali prinsip2 doa yg diajarkan di dlm Alkitab, sehingga doa2 kita akan menjadi lebih efektif.

Salah satu faktor yg membuat doa kita di jawab oleh Tuhan adalah IMAN. Matius 21:22 berkata, "dan apa saja yg kamu minta dlm doa dengan penuh kepercayaan, maka kamu akan menerimanya". Berdoa dgn IMAN berarti percaya tanpa keraguan bahwa Tuhan ada, Dia berkuasa dan pasti menjawab doa-doa kita !!! Kita percaya sepenuhnya kepada Dia sebagai Bapa yg penuh kasih, yg mengabulkan doa-doa kita jika hal itu akan mendatangkan kebaikan bagi kita, artinya hal ini sesuai dengan kehendak-Nya. Orang yg beriman bahwa Tuhan pasti menjawab doanya tdk akan berdoa seperti org yg menguji Tuhan atau bernegosiasi dengan berkata "Jika Engkau mengabulkan doaku, aku akan melakukan ini dan itu utk-Mu". Berdoalah dengan iman juga bukan sekedar berkata basa basi atau berdoa dgn pemikiran untung2an. Adalah penting utk mengetahui bahwa Tuhan pasti menjawab setiap seru doa kita. Tetapi kita juga perlu memahami bahwa bisa saja Tuhan berikan jawaban yg berbeda dengan yg kita minta, sesuai dengan kehendak-Nya yg sepenuhnya hanya di dasarkan atas kasihNya kepada kita. Jawaban doa itu bisa "Ya", Bisa juga "Tidak", Atau "Tunggu"!!! Terkadang jawaban "Ya" di berikan dalam waktu sekejab, tetapi ada kalanya membutuhkan waktu yg cukup lama barulah permintaan kita menjadi kenyataan artinya kita diminta utk "menunggu". Dengan memahami hal ini, kita akan semakin mudah menerima dgn sukacita apa pun jawaban yg Tuhan berikan. Kalupun harus menunggu, maka kita akan menunggu dgn tekun tanpa kehilangan pengharapan.

Agar Iman kita ttp hidup, kita perlu merenungkan firman Tuhan yg akan membuat kita semakin mengenal karakter dan kehendak-Nya. Roma 10:17 berbunyi, "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." di dalam Alkitab terdapat banyak contoh orang-orang yang beriman yg menerima apa yg mereka minta (band. Matius 15:28 ; Markus 1:40 ; Yohanes 11:22). Hal ini menguatkan iman kita. "Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia utk mendapatlan pertolongan kita pada waktunya." (Ibrani 4:16).

GBU
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz