Alkitab Hari Ini

Kamis, 15 Oktober 2009

Prinsip dao yan benar 3

David Oktavianus 04 Oktober jam 19:50
BERDOA DGN HATI YG BERSIH
Mzm 66:17-18 ; 1Yohanes 3:21-22

Ayat-ayat firman Tuhan di atas menjelaskan bahwa kita harus datang kepada Tuhan dengan hati yg bersih. Pemazmur lebih jelas lagi mengatakan bahwa jika hati kita hatinya tdk bersih, maka Tuhan tdk akan mendengar doanya. "Seandainya ada niat jahat dlm hatiku, tentulah Tuhan tdk mau mendengar." (Mzm 66:18). Tdk sedikit org percaya yg mengabaikan firman ini. Meskipun ada rasa tertuduh di dlm hati mereka krn menyimpan dosa, mereka mengabaikan perasaan itu dan ttp berharap Tuhan akan mendengar doa mereka. Harus kita mengerti bahwa sengaja hidup di dlm dosa akan menghalangi doa-doa kita (Yes 59:1-2).

Ada banyak macam dosa yg membuat kita tdk layak di hadapan Tuhan, tetapi salah satunya yg paling sering membuat hidup kita tdk beres, adalah menyangkut hubungan dgn sesama. Ada saja gesekan-gesekan baik antara suami-istri, rekan sepelayanan, rekan kerja atau tetangga yg membuat kita tersinggung, marah dan benci. Secara tdk di sadari atau mungkin juga di sadari tetapi diabaikan, banyak org percaya yg datang di hadapan Tuhan, berdoa dan melayaniNya dengan membawa borok dan luka2 yg belum di bereskan dengan sesama. Mat 5:23-24 berkata "Sebab jika engaku mempersembahkan persembahan di atas mezbah dan engaku teringat akan sesuatu yg ada di dlm hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkan persembahan itu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dgn saudaramu, lalu kembali utk mempersembahkan persembahan itu." ayat ini mengingatkan kita utk selalu berdamai dengan sesama dan mengupayakan keharmosisan antara satu dgn yg lain. Jika org yg kita ajak berdamai tdk mau, paling tdk kita sdh mengupayakan perdamaian dengannya. Ketika hati kita itu bersih di hadapan Tuhan, maka kita bisa datang dengan leluasa kepadaNya dan menaikkan permohonan kita. Seperti yg di katakan di dlm 1 yoh 3:21, "...jikalau hati kita tdk menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya utk mendekati Allah dan apa saja yg kita minta kita memperoleh dari padaNya..."

Hati yang bersih juga berkaitan dengan motivasi doa seperti yg dikatakan di dalam Yak 4:3 "Sebab yg kamu minta itu hendak kamu habiskan utk memuaskan hawa nafsumu" Dalam hal ini permohonan kita harus sesuai dengan kehendak Tuhan, bukan utk memenuhi hawa nafsu: misalnya utk foya-foya, pamer, menyakiti org lain atau utk maksud2 lainnya yg tdk sejalan dengan kehendak Tuhan. Secara sederhana, berdoa dengan hati yg bersih, artinya kita datang dengan pertobatan yg sesungguh terhadap dosa, hati yg mengampuni dan permintaan yg tulus kepada Tuhan. ketika seseorang datang kepada Tuhan dengan hati yg bersih, maka dia boleh berharap bahwa doa-doanya akan naik ke tahta Tuhan dan membuat Tuhan BERTINDAK.

GBU
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz