Alkitab Hari Ini

Kamis, 02 Desember 2010

Rohulkudus Utusan Dari Surga


1.Bapa akan mengaruniakan kepada kamu Penolong.

Yahya 14:16,17 – Dan Aku akan mintakan kepada Bapa, maka Ia akan mengaruniakan kepada kamu Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu se-lama2nya,yaitu Roh kebenaran, yang dunia ini tiada dapat menyambut, oleh sebab tiada ia nampak Dia, dan tiada kenal Dia; tetapi kamu ini kenal Dia, karena Ia tinggal beserta dengan kamu, dan Ia akan ada didalam kamu.

Penolong yang lain, yaitu Rohu’lkudus yang dikaruniakan oleh Bapa yaitu Bapa Allah yang disurga. Itulah sebabnya kami katakan: “UTUSAN AGUNG DARI SURGA” Rohu’lkudus, disini disebut Penolong, artinya datang disamping kita dan memberi pertolongan kepada kita. Rohu’lkudus datang dari surga, bersedia memberikan pertolongan kepada orang yang menyambut Dia dan Rohu’lkudus senantiasa ada disamping kita yang bersedia memberikan pertolongan apa saja yang kita butuhakan.

a.Berbahagialah orang yang menyambut Utusan Agung dari Surga.
1)Akan mengajarkan kepadamu segala perkara.

Yahya 14:26 – Tetapi penolong itu, yaitu Rohu’lkudus, yang akan disuruhkan oleh Bapa atas Namaku, ialah akan mengajarkan kepadamu segala perkara itu, dan akan mengingatkan kamu segala sesuatu yang Aku sudah katakan kepadamu.

Bagi orang yang menyambut Utusan Agung dari Surga, Firman Tuhan mengatakan: Bahwa Dia akan mengajarkan kepada kita segala perkara itu. Kita adalah manusia biasa, tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada hari yang akan datang, juga tidak mengetahui bagaimana kita harus berbuat supaya perbuatan kita mendatangkan suatu keuntungan bagi hidup kita. membereskan semuanya supaya kita dapat merasakan berkat yang datang dari sembahyang.

Sungguh kita dapat berbahagia dan inilah kenyataan cinta kasih Tuhan Jesus Kristus. Dia telah meminta kepada Bapa supaya Bapa mengaruniakan kepada kita Penolong ini. Bilakah kita perlu ditolong?

a) Waktu dalam kesusahan, Penolong memberi penghiburan.
b) Waktu menghadapi jalan buntu, Penolong menunjuk jalan.
c) Waktu mengalami kelemahan, Penolong memberi kekuatan.
d) Waktu kita berdoa, Penolong memimpin kita didalam doa.
e) Waktu bimbang hati, Penolong memberi keteduhan.
f) Waktu mengalami kesulitan, Penolong melancarkan jalannya.

Pendek kata segala sesuatu yang perlu ditolong, Rohu’lkudus, yaitu Oknum Allah ketiga yang Mahakuasa setia memberikan pertolongan.

2)Akan menyertai kamu selama-lamanya.

Yahya 14:16 – .. maka Ia akan mengaruniakan kepada kamu Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu se-lama2nya.

Suatu berkat yang amat besar bagi kita semua dan sungguh kita berbahagia jika kita menyambut Rohu’lkudus sebagai Utusan Agung dari Surga. Tuhan sudah berjanji, bahwa Ia akan menyertai kita, se-lama2nya. Rohu’lkudus menyertai kita, bukan merugikan kita tetapi menolong kita didalam segala sesuatu. Kita tinggal didalam dunia ini, sering kali kita saling berpisah antara keluarga, pamili, sobat yang baik, begitu juga terjadi diantara ibu bapa dengan anak2nya, isteri dengan suami, ada perpisahan untuk se-lama2nya yaitu jika sudah mati. Seringkali mendatangkan duka cita dan kehilangan tenaga yang kita butuhkan, yaitu tangan kanannya, akan tetapi jika kita dapat menyambut Rohu’lkudus, Utusan Agung dari Surga dan senantiasa dapat memberi tempat yang baik kepadaNya, tidak menduka citakan Rohu’lkudus, maka Tuhan berjanji, bahwa Ia akan menyertai kamu selama-lamanya.

oleh Pdt. Dr. Ishak Lew Lewi Santosa

copyright/Hak Cipta (c) 1972 Ishak Lew Lewi Santoso & Ahli Waris
Ps David O.S Hardjawinata --- GEMBALA JEMAAT GPPS ABANA TENGGARONG - Kalimantan Timur - Twitter @DavidOktavianuz